Cloud: Media Penyimpanan Termutakhir

Assalamualaikum wr. wabarakaatuh..

Kali ini, aku akan menuliskan tentang media penyimpanan yang paling marak karena keefisiensiannya, kefleksibelannya, serta kemudahan dalam aksesnya, yaitu Cloud. Here we go…

cllDefinisi Cloud adalah media penyimpanan online. Saat ini layanan media penyimpanan cloud seperti DropBox, Google Drive, SkyDrive cukup populer dan mulai sering digunakan. Berbagai fungsi digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap penggunanya. Baik untuk media penyimpanan online sehingga pengguna tidak perlu menyediakan storage fisik dengan ukuran besar di komputer atau pun laptop pribadi. Atau sebagai media backup untuk melindungi file penting sehingga tidak tertinggal ketika akan berpergian. Atau bisa juga sebagai media sharing dengan teman atau pun komunitas, sehingga proses sharing dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus memikirkan sistem atau pun proteksi dari file yang akan dibagikan kepada teman atau pun komunitas Anda. Dan masih banyak lagi fungsi dari layanan penyimpan cloud ini yang dapat Anda gunakan dan maksimalkan. Oleh karena itu tidak aneh, layanan ini menjadi populer di kalangan komunitas dunia maya dengan berbagai kegunaan dan penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.

Namun, sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi ini, Anda harus menjadi pelanggan dari salah satu atau lebih layanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, SkyDrive, yang lainnya. Karena umumnya penyedia layanan cloud seperti ini mewajibkan Anda untuk membuat akun pribadi untuk dapat mengakses dan menggunakan jasa mereka. Selain itu Anda juga harus memiliki akun Otixo yang merupakan aplikasi file manager untuk layanan cloud.

Daftar Akun Otixo dan Satukan Layanan Cloud Anda

  • Melalui internet kunjungi http://www.otixo.com, lalu pilih Sign Up Free.
  • Masukan Email, First Name, Last Name dan Password, pilih Create Account, akan ada email masuk kedalam email yang Anda masukan Tadi untuk konfirmasi, pilihan Confirm Registration pada Email Anda.
  • Maka Anda akan menuju ke halaman login http://www.otixo.com, lalu masukan Email dan Password, lalu pilih Login.
  • Pilih salah satu layanan cloud yang Anda miliki yang berada disebelah kanan, Misalkan pilih SkyDrive , masukan nama yang akan ditampilkan, pilih Authorize Via SkyDrive , Masukan password SkyDrive Anda lalu pilih Sign In, setelah itu izinkan otixo.com untuk mengakses SkyDrive dengan memilih “Ya”.
  • Maka Akun SkyDrive Anda akan muncul pada Oxito dan siap untuk digunakan.
  • Anda dapat menambahkan Akun Layanan Cloud lainnya pilih ikon (plus) disebelah kanan My Cloud Services lalu ulangi lagi dari langkah 5 dengan akun yang berbeda.

jkj nhkjn

Akses Otixo Dengan aplikasi Davi

  • Download dan Install aplikasi Davi melalui Ovi Store dengan memilih Buy. Untuk menginstall aplikasi ini Anda harus membelinya dengan harga Rp 10 ribu yang nantinya akan dipotong melalui pulsa Anda.
  • Tunggu sampai proses ini selesai, lalu jalankan aplikasi dengan memilih Launch.
  • Setelah aplikasi Davi terbuka, akan muncul disclaimer, pilih ikon centang pada kanan bawah.
  • Masukan password yang nantinya akan dipakai untuk mengakses aplikasi ini.
  • Masuk nama Home Of WebDAV Share sesuai yang Anda inginkan, masukan HostName dav.otixo.com, biarkan pada path, lalu masukan Username dan password Oxito Anda, pilih ikon centang pada bagian bawah kanan.
  • Maka akun Otixo Anda akan muncul pada aplikasi ini, dan Anda dapat mangakses layanan Cloud yang Anda masukan didalam Otixo.
  • Untuk mengupload file pilih ikon option pada kanan bawah lalu pilih upload, pilih file yang akan di upload lalu pilih ikon upload pada kanan bawah, upload lagi untuk kompirmasi.
  • Untuk Mendownload file Anda harus memilih file yang akan didownload pilih ikon option pada kanan bawah lalu pilih upload. Dengan begitu layanan cloud Anda dapat diatur degan mudah.

UntitlghjledCara di atas merupakan langkah langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyatukan semua akun layanan cloud Anda dalam 1 akun dan 1 aplikasi, sehingga Anda akan lebih mudah dan praktis ketika akan mengakses dan menggunakan akun Anda. Anda tidak perlu lagi merasa kerepotan dengan akun layanan cloud Anda yang begitu banyak. Ayo segera satukan semua akun cloud Anda dengan mengikuti langkah langkah di atas.

Unsdfgbntitled

Ada beberapa website penyedia layanan Cloud, diantaranya:

  1. 4Shared
  2. Mediafire
  3. Mega Upload
  4. Ziddu
  5. Rapidshare
  6. Share Beast
  7. Dropbox
  8. Google Drive (dari Google)
  9. Sky Drive (dari Yahoo)

Dari beberapa website di atas memang semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Serta apabila seorang user ingin menambah kuota atau menambah kecepatan upload/download biasanya akan dikenakan biaya. Jadi, pandai-pandailah memilih website tersebut sesuai kebutuhan.

Semoga tulisan ini bermanfaat, Wassalamualaikum wr. wabarakaatuh..

About Aulia Akbar

Born in Kediri, live in Malang. Still young, but sometime looks old. Proud to be a son of my Dad. My dream is beat down my Dad's achievements.

Posted on July 31, 2013, in Internet, Tech, World. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment